5 kejadian pembobolan sistem kemanan komputer

Posted: September 26, 2011 in Sistem Keamanan Komputer
Tags:

  • PEMBOBOLAN DISTRIBUTOR ISI ULANG PULSA.

Salah satu distributor isi ulang di Jawa Tengah dibobol. Pembobolan  distributor isi ulang pulsa diduga dilakukan oleh Hacker.  Hacker masuk ke sistem keamanan jaringan informasi teknologi distributor tersebut.

Cara untuk menjadi anggota cukup mudah yaitu dengan mandaftar, memberikan nomor telepon seluler untuk menjual pulsa, dan menyetor uang untuk pembelian pulsa isi ulang, kemudahan inilah yang dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung  jawab untuk membobol sistem keamanannya.

Setelah dilakukan audit secara manual mereka menemukan 4 nomor telepon dengan 3 nama dalam sistem informasi penjuialan yang dicurigai merupakan Hacker karena tidak pernah menerima  pembayaran hasil penjualan pulsa dari keempat nomor tersebut.

Kerugian yang ditimbulkan oleh Hacker tersebut cukup besar mencapai 5-7 juta per hari.  Pembobolan ini diduga dilakukan sejak juni 2010 sampai juli 2011. Kasus seperti ini tergolong  masih baru sehingga diharapkan pihak kepolisian dapat mengungkap dan menangkap pelakunya agar tidak terjadi lagi kepada distributor-distributor isi ulang pulsa yang lain.

  • SERVER NASA DI BOBOL

Jaremy Parker berasal dari houston, texas. Jaremy Parker adalah seorang pria yang mengaku telah membobol server milik NASA. Dalam waktu kurang lebih 10 bulan ia telah mendapatkan uang USD 275 atau sekitar Rp 2,4 milyar dalam aksinya melakukan pembobolan.

Jaremy  Parker memulai aksi pertamanya membobol server  pembayaran royalti pada pembuat software pada Desember 2008, Parker mampu menipu sistem sehingga pembayaran royalti dikirim ke rekeningnya dan bukan kepada pembuat software yang sebenarnya.

Selain berhasil membobol server pembayaran royalti Jaremy Parker juga mengaku telah membobol sebuah fasilitas milik NASA di Maryland yaitu sebuah server yang dikelola Goddard Space Flight Center. NASA mengalami kerugian mencapai USD 43 ribu (sekitar Rp 380 juta) akibat ulah Jaremy parker ini.

Jaremy Parker terancam hukuman 20 tahun penjara akibat ulahnya melakukan penipuan transfer uang dan 10 tahun akibat pembobolan komputer.

  • IPHONE DAPAT DI BOBOL

            Sistem  keamanan iphone ternyata memiliki celah  pada sistem penerimaan smsyang dapat dimanfaatkann oleh para hacker. Caranya yaitu dengan mengirimkan pesan atau SMS yang berisi kode yang tidak dapat dilihat oleh calon korban, kode tersebut kemudian memanfaatkan celah keamanan tersebut untuk mengaktifkan diri lalu mematikan software penting.

Hacker juga dapat mengendalikan dan mengambil berbagai informasi dari jarak jauh, sehingga data pribadi pengguna menjadi sangat rawan di ambil tanpa ijin seperti email dan password yang sifatnya rahasia.

Tipe serangan seperti ini di prediksi akan menjadi tren untuk kedepannya karena  memanfaatkan celah pada sistem utama telepon yang selalu aktif.

  •  SONY DI BOBOL

 Sistem keamanan Sony dapat dibobol dengan memanfaatkan Celah keamanan yang berasal dari eksploitasi data pribadi pemilik akun yaitu tanggal lahir dan alamat surat elektronik.  Para Hacker tersebut dapat melakukannya dengan mengekploitesi mekanisme penggantian kata sandi yang dilakukan oleh sony sehingga akun PSN tidak bisa lagi di buka oleh pengguna yang sah.

Akibat pembobolan kemanan ini, Sony sempat lumpuh selama 22 hari. Informasi dari pemilik akun yang di bobol antara lain nama, alamat, alamat surat elektronik, tanggal lahir, jenis kelamin, nomor telepon, identitas login, berikut sebagian dari kata sandinya. Informasi lainnya yang dapat di curi seperti nomor rekening bank, nama pemilik rekening, nama akun, dan alamat pemilik rekening.

  •  KEAMANAN MESIN ATM MASIH LEMAH

Cuma dengan bermodalkan flash disk sistem keamanan ATM dapat di bobol sehingga ATM bisa diperintah untuk mengeluarkan semua uang yang ada di dalamnya.  Untuk membuka kotak ATM yang dilindungi Triton Sytem bisa menggunakan kunci yang tersedia di internet, kemudian memasukkan flash disk yang berisi software Dilinger (software yang di buat oleh Barnaby Jack Direktur Penelitian di perusahaan konsultan keamanan, IOActive Labs) ke slot USB, software tersebut kemudian memerintahkan mesin ATM untuk mengeluarkan semua uang tunai yang ada di dalamnya.

Dampak lain yang dapat di timbulkan dari kurang ketatnya sistem keamanan mesin ATM antara lain pencurian informasi kartu ATM nasabah yang akhir-akhir ini sering terjadi. Pelaku membuat kartu tiruan dan memasukkan informasi yang dicurinya ke dalam kartu tiruan tersebut sehingga dapat dengan leluasa mengambil uang nasabah.

Sumber:

http://metrotvnews.com/metromain/news/2011/08/25/62626/Distributor-Pulsa-Isi-Ulang-Diduga-Dibobol-Hacker

http://www.forumkami.net/internet/131827-pembobol-server-nasa-membuat-pengakuan.html

http://loverlem.blogspot.com/2010/08/ternyata-sistem-keamanan-atm-tidak.html

http://tekno.kompas.com/read/2009/07/31/1145558/iPhone.Bisa.Dibobol.Hacker.Pakai.SMS

http://tekno.kompas.com/read/2011/05/22/15472063/Celah.Keamanan.Playstation.Network.Kembali.Ditemukan

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s